Kabupaten SukabumiPertanian

Potensi Kopi Sukabumi Menjanjikan, Pemprov Jabar Berikan Bantuan Bibit

ads

Sukabuminow.com || Tahun lalu, Kabupaten Sukabumi mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa 54 ribu pohon bibit kopi jenis Arabica.

Deden SP, Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, mengatakan puluhan ribu bibit kopi tersebut dialokasikan kepada 4 Poktan (Kelompok Tani) di 3 kecamatan.

“Poktan Harapan Sukamanah Desa Sukamanah dan Poktan Tunas Harapan Lancar Usaha Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Poktan Mapag Karya Cikurutug Desa/Kecamatan Cireunghas, serta Poktan Taruna Tani Mandiri Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja,” tutur Deden kepada Sukabuminow saat ditemui di ruangannya, Rabu (9/1/19).

Deden menjelaskan, bantuan tersebut bukan yang pertama. Sebelumnya, Pemprov Jabar juga memberikan bantuan 800 ribu pohon bibit kopi jenis Arabica kepada Poktan di 8 kecamatan sentra kopi pada tahun 2017 silam.

“Dua tahun lalu dialokasikan kepada para Poktan di Kecamatan Simpenan, Lengkong,  Jampangtengah, Nyalindung, Gegerbitung, Cireunghas, Sukaraja, dan kadudampit,” bebernya.

Baca Juga :

Di tempat sama, Gumilar Permana, Kepala Seksi Penatausahaan Perkebunan, menjelaskan Pemprov Jawa Barat, pada tahun 2014 silam, telah meluncurkan program fasilitasi bantuan berupa 5 juta pohon bibit kopi bagi Poktan dan pelaku usaha di Jawa Barat. Dan potensi komoditas kopi di Kabupaten Sukabumi sangat potensial dan prospektif, sehingga sangat cocok untuk kegiatan intensifikasi dan pengembangan kawasan kopi.

“Bantuan bibit tahun lalu itu sebagai tindak lanjut dari program itu. Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu kabupaten sentra kopi di Jawa Barat,” papar Gumilar.

Penandatanganan pernyataan penerimaan bibit oleh Poktan Taruna Tani Mandiri. Foto : Sukabuminow

Ia berharap, bantuan tersebut akan menambah populasi dan luasan budidaya kopi di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali setelah Kabupaten Banyuwangi itu. Sehingga akan berpengaruh secara signifikan pada peningkatan pendapatan petani dan pelaku usaha kopi sebagai ujung tombak di lapangan.

“Semoga tahun ini, Kabupaten Sukabumi akan mendapat bantuan yang sama. Sehingga kami bisa menyalurkannya kepada Poktan yang belum mendapat bantuan bibit itu dikawasan sentra kopi lainnya,” tandasnya. (Iduy)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close