Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Polisi Bongkar Kasus Curat, Pelaku Berstatus Residivis

Sukabuminow.com || Spesialis pembobol rumah di Sukabumi berakhir di balik jeruji besi. Komplotan pencurian dengan pemberatan (curat) yang diotaki Asdi alias Pedoh itu ditahan sejak Oktober 2022 lalu.

Kapolsek Palabuhanratu, Kompol Mangapul Simangunsong mengatakan, penangkapan komplotan tersebut diawali dengan meringkus Pedoh saat menemani istrinya yang baru saja melahirkan. Polisi melacak residivis yang baru bebas dua tahun lalu itu hingga Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Di sini ada empat orang pelaku dari beberapa daerah, dua masih buron. Otak utamanya Asdi alias Pedoh. Dia memang pelaku kambuhan dan merupakan spesialis curat. Sasarannya rumah-rumah yang jauh dari pemukiman,” terang Mangapul, dalam press release di Mapolsek Palabuhanratu, Kamis (1/12/22).

Para pelaku, kata Mangapul, baru akan berkumpul saat menemukan target. Mereka melancarkan aksinya dengan merusak pagar rumah dan mencongkel pintu atau jendela. Sasarannya bukan hanya rumah kosong, tapi juga rumah yang penghuninya tengah tertidur antara pukul 2 dini hari hingga 6 pagi.

“Yang jadi sasaran itu barang elektronik hingga kendaraan bermotor korban. Kami mengamankan empat unit motor diduga hasil pencurian,” bebernya.

Di tempat sama, Panit Reskrim Polsek Palabuhanratu, Aipda Yudi Permana menambahkan, identitas Pedoh terungkap setelah aksinya yang terakhir di Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, terekam CCTV. Polisi mengenali pelaku setelah wajahnya tertangkap kamera pengintai tersebut, meski mengenakan penutup kepala, jaket, dan topi.

“Kami berkoordinasi dengan tim identifikasi Polres Sukabumi dan memburu pelaku hingga terciduk,” ungkapnya.

Para pelaku dijerat dengan sejumlah pasal, di antaranya Pasal 363, Pasal 556, dan 480 KUHPidana,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button