AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Percepat Pengolahan Tanah, Alsintan Disalurkan

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi menyalurkan 10 alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 10 kelompok tani (Poktan) di 4 wilayah Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/8/21).

Kepala Seksi Pupuk, Pestisida, dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eris Firmansyah mengatakan, ke-10 Alsintan tersebut merupakan pokok pikiran dari legislator pusat dari Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan.

“Alsintan-nya berupa 5 unit hand traktor roda dua dan 5 unit pompa air. Kepada 10 Poktan di wilayah I, II, V, dan VI,” terang Eris.

Eris berharap, bantuan tersebut dapat mempercepat pengolahan tanah dan menghasilkan produksi yang lebih baik.

“Manfaatkan dan rawat Alsintan ini sebaik-baiknya, sehingga apa yang diharapkan yakni mempercepat dan meningkatkan proses produksi pertanian dapat terwujud,” ujarnya.

“Perawatan hand traktor mudah. Harus sering dikontrol olinya, mulai dari oli mesin maupun oli gardan. Jangan sampai lupa mengisi air radiatornya. Harapan kita, alat ini dapat bertahan lebih dari 5 tahun,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, Poktan yang ingin mendapatkan bantuan tersebut syaratnya terdaftar di Sistem Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) dan belum mendapat bantuan.

“Yang penting kelompok tani tersebut belum pernah mendapatkan hand traktor, kemudian juga terdaftar dalam Simluhtan, itu kuncinya. Kami tidak akan membagikannya jika tidak terdaftar di Simluhtan. Sebab itu syarat utama untuk mendapat bantuan ini,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close