Pemerintahan

Peran Penting Korps ‘Hijau Lumut’ Dalam Pemilu 2019

Sukabuminow.com || Kesiapan Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) Kabupaten Sukabumi jelang Pemilu 2019 semakin teruji.

Hal itu dikatakan Yusep Wahyu Kodara, Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Sukabumi saat ditemui di ruangannya usai membuka Diseminasi Pengamanan Wilayah pada Pemilu 2019 di Mako Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Senin (26/11/18).

“Sesuai rencana, kami akan gelar diseminasi ini di tujuh eks wilayah Kabupaten Sukabumi. Hari ini sudah memasuki eks wilayah IV Kabupaten Sukabumi. Pemateri masih dari KPU juga Bawaslu,” tutur Yusep kepada Sukabuminow.

Yusep Wahyu Kodara (kiri) bersama unsur Bawaslu dan KPU Kabupaten Sukabumi saat menjadi pemateri. Foto : Sukabuminow

Sebanyak 232 Kasatgas (Kepala Satuan Tugas) dan Kasat (Kepala Satuan) Linmas se-eks wilayah IV Sukabumi yang meliputi Kecamatan Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Bantargadung, dan Warungkiara resmi dilantik Kabid Linmas di Aula Mako Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Senin (26/11/18).

“Evaluasi akan kami lakukan dengan jalan ke lapangan sesuai dengan tahapan-tahapan Pemilu. Bahkan nanti Februari atau Maret kami akan gelar Apel Siaga khusus Satlinmas untuk menguji kesiapan,” paparnya.

Kehadiran Satlinmas dalam Pemilu, kata Yusep, memiliki dasar Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penempatan Anggota Satlinmas di TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Baca Juga  :

“Untuk pengamanan di TPS komando ada di KPU (Komisi Pemilihan Umum). Sedangkan pengamanan wilayah untuk Linmas ada dibawah kendali Satpol PP,” terangnya. (Dena)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close