AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Penyuluh Bantargadung Raih Juara Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi 2023

Sukabuminow.com || Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap, tak dapat menutupi rasa gembiranya di ajang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) Ke-153. Pasalnya, sejumlah insan pertanian menerima penghargaan membanggakan dalam ajang Sukabumi Award 2023.

Salah satu insan pertanian yang berprestasi yakni seorang Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Yuniar Nuraeni. Setelah melewati perjalanan cukup panjang dalamnLomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2023, Yuniar akhirnya mendapatkan penghargaan dalam Sukabumi Award 2023.

“Bu Yuniar meraih juara 1 Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi 2023 pada Sub Tema Peningkatan Pelayanan Publik,” ungkap Tuty, Minggu (1/10/23).

Yuniar, kata Tuty, mengikuti Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Sukabumi 2023 dengan mempresentasikan sebuah inovasi berjudul APIK (Aplikasi Porici sebagai Pengendali Tikus) yang merupakan alternatif solusi pupuk mahal dan pengendalian tikus.

“Serangan tikus itu salah satu masalah yang sering dihadapi petani terutama pada tanaman padi sawah. Perkembangbiakan yang cepat dan dapat menyerang pada berbagai fase pertumbuhan tanaman, menyebabkan hama ini menjadi ancaman dalam produksi pertanian,” ujarnya.

Tuty mengaku bangga dengan capaian tersebut. Ia memotivasi seluruh insan pertanian di Kabupaten Sukabumi agar terus berinovasi demi kemajuan sektor pertanian. Menurutnya, para insan pertanian Kabupaten Sukabumi tidak kekurangan inovator. Itu yang membuat dirinya yakin, bahwa akan banyak peraih Sukabumi Award dari sektor pertanian tahun depan.

“Banyak insan pertanian Kabupaten Sukabumi yang memiliki tingkat keilmuan lebih. Mereka bisa menghadirkan inovasi yang kemudian inovasi itu dapat dinikmati oleh sektor pertanian kita. Itu yang akan terus kita dorong agar sektor pertanian kita semakin maju,” terangnya.

Selain Yuniar, insan pertanian lainnya yang mendapatkan penghargaan dalam Sukabumi Award 2023 pada 27 September 2023 lalu itu di antaranya Riza dan Fitri Apriyani sebagai Juara Asah Terampil di PENAS XVI Padang, serta Euis Kusmiyati Juara III Gapoktan Berprestasi Tingkat Provinsi Jabar. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button