AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Pengurus DPC Apeki Sukabumi Resmi Dilantik, Ini Pesan Wakil Bupati Sukabumi

Sukabuminow.com || Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Petani Kopi Indonesia (DPC Apeki) Sukabumi periode 2021-2025 resmi dilantik, Kamis (16/12/21).

Pelantikan terhadap 30 pengurus DPC Apeki Sukabumi tersebut dilakukan oleh DPD Apeki Jawa Barat di Coffee Photo Sukabumi, serta dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri.

“Pelantikan ini merupakan titik awal untuk memajukan Kopi di Sukabumi supaya bisa bersaing dengan daerah daerah lain yang ada di Jawa Barat Khususnya dan Indonesia pada umumnya,” terang Ketua Panitia, Usep Sutendi.

Sebelumnya, pembentukan Kepengurusan DPC Apeki Sukabumi periode 2021-2025 dilakukan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Senin (22/11/21) lalu.

Dalam kesempatan itu, Agung Hidayat selaku inisiator, ditunjuk secara aklamasi sebagai Ketua DPC Apeki Sukabumi periode 2021-2025.

Dalam pelantikan tersebut, Ketua DPD Apeki Jawa Barat, Kurnia, menyebutkan pihaknya telah menyediakan instruktur kopi untuk memperkenalkan kopi Sukabumi kepada kaum milenial.

“Kopi yang dimaksud banyak menyerap tenaga kerja, sehingga kualitasnya harus dipertahankan,” tegasnya.

Di tempat sama, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengapresiasi kehadiran DPC Apeki Sukabumi. Kehadirannya diyakini akan mendorong penguatan usaha.

“DPC Apeki harus berfungsi sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, dan tukar informasi. Sehingga komoditas kopi Sukabumi semakin populer dan diminati,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Iyos mengungkapkan, Kabupaten Sukabumi memiliki 1.086 hektar kebun kopi yang tersebar di beberapa wilayah. Di antaranya Kecamatan Gegerbitung, Sukaraja, Kadudampit, Kabandungan.

“Ditambah tiga kecamatan penyangga, yakni Cireunghas, Cisolok, dan Purabaya,” ungkapnya.

Kopi Sukabumi, kata Iyos, telah memiliki brand produk. Di antaranya Bumi Kopi di Kecamatan Sukaraja, Bongas Kopi di Kecamatan Gegerbitung, Absolute Kopi di Kecamatan Kabandungan, Mekar Kopi di Kecamatan Kadudampit, serta Gunung Karamat Kopi di Kecamatan Cisolok.

“Selamat untuk para pengurus Apeksi Sukabumi yang baru saja dilantik. Segera ambil langkah kolaborasi dengan stakeholder terkait untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Sukabumi,” pesannya mengakhiri. (Bimbim)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button