AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Pemkab Sukabumi Perkuat Pengawasan Daerah

Sukabuminow.com || Pengawasan daerah merupakan salah satu aspek pengendalian yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Termasuk memastikan pembangunan senantiasa berada pada jalur yang benar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah tingkat Kabupaten Sukabumi 2023 di Pangrango Resort, Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Selasa (5/12/23).

Baca Juga :

“Di sinilah Inspektorat selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus mampu menjalankan fungsi controlling-nya dengan benar, guna membantu pimpinan dalam memastikan semua kegiatan perangkat daerah yang telah dilaksanakan sesuai dengan yang semestinya,” ungkapnya.

Iyos juga mengingatkan bahwa setiap hasil pembinaan dan pengawasan APIP maupun BPK RI wajib ditindaklanjuti secara konsisten oleh pimpinan perangkat daerah.

“Perlu dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan pengawasan tidak bertumpu pada lembaga pengawasan saja. Tapi juga perlu dukungan dan komitmen bersama dari suluruh fungsi manajemen yang ada,” tegasnya.

Di sisi lain, core values yang didorong pemerintah pusat agar ASN berAKHLAK (akuntabel, kompetensi, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif) diharapkan mampu memberikan penguatan budaya kerja yang baik menuju pemerintahan berkelas dunia (World Class Government).

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Komarudin, menyebutkan bahwa rakor kali ini mengusung tema ‘Pengawasan APIP yang Efektif Dalam Pengawalan RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021-2026’.

“Tujuannya untuk mewujudkan sinergi dan kolaborasi efektif dalam pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik. Membangun komitmen pencapaian kinerja proritas pembangunan Kabupaten Sukabumi sesuai dengan target RPJMD 2021-2026,” tutupnya. (Ridwan HMS)

Editor : Mulya H

Berita Terkait

Back to top button