Kabupaten SukabumiKomunitas

Lihat Penari Yang Kesurupan, Berani?

Sukabuminow.com || Suasana meriah masih tampak dalam hari terakhir gelaran CGF (Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival) ke-IV Tahun 2018 di Ampiteater Panenjoan, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (14/10/18).

Tampak puluhan penari berseragam kuning berlenggak-lenggok mengikuti alunan musik gamelan yang dimainkan. Sebelum akhirnya suasana berubah menegangkan karena mayoritas personel kesurupan dan menari di alam bawah sadar mereka.

“Kami memainkan tujuh jenis tarian yang dikombinasikan menjadi satu. Kesurupan seperti ini memang sudah biasa dan sering terjadi setiap kami tampil dimanapun,” tutur Ade Gundul, pembina kelompok tari Putera Amarta dari Sanggar Seni Cepet di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

Tujuh tarian yang dikombinasikan oleh sanggar seni yang telah sepuluh tahun berdiri tersebut diantaranya Cepet, Kuda Lumping, Bendrong, Oclong, Barong, Tari Burung Hantu, dan Paranggong Sembrani.

“Memang seperti ini biasanya. Cepet dan Kuda Lumping identik dengan kesurupan. Tarian yang lainnya juga sama. Tapi Alhamdulillah anak-anak baik-baik saja,” tegasnya.

Editor : Andra Permana

Related Articles

Close
Close