AdvertorialBisnisKabupaten Sukabumi

Legalitas Usaha Lebih Penting, DPESDM Muliakan Pelaku Usaha Batu Mulia

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Dinas Perindustrian dan ESDM (DPESDM) Kabupaten Sukabumi melakukan pelayanan sistem jemput bola agar para pelaku industri memiliki legalitas usaha.

Tahap pertama, DPESDM melakukan pelayanan kepada pelaku industri batu mulia di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya pada 12 Oktober 2021.

Menurut Kasie Promosi dan Fasilitasi Industri, Zaki Zain, pelaku industri batu mulia tidak bisa melakukan ekspor sendiri karena tidak memiliki legalitas. Sehingga seringkali mereka dibodohi dari sisi harga jual oleh para pelaku yang memiliki legalitas usaha.

“Kegiatan usaha batu mulia yang difasilitasi baru Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya. Namun tugas kami masih banyak untuk para pelaku industri batu mulia, diantaranya Sagaranten dan Kecamatan Pabuaran,” ujarnya, Jumat (15/10/21).

Zaki menambahkan, menurut data base, jumlah pelaku industri batu mulia di Kabupaten Sukabumi di wilayah Purabaya, Sagaranten, dan Pabuaran, lebih dari 50.

“Pelaku industri ini ke depan yang akan menjadi target untuk difasilitasi legalitas sehingga mereka bisa melakukan ekspor sendiri,” ungkap Zaki Zain.

Sementara itu Kepala Bidang ESDM dan Fasilitasi Industri, Yana Chefiana menyampaikan, kegiatan fasilitasi legalitas industri dilaksanakan karena banyaknya IKM atau pemilik IUMK yang meminta surat keterangan untuk kegiatan ekspor.

“Saat kita tanya mereka, ternyata para pelaku batu mulia tersebut tidak memiliki legalitas usaha. Sehingga Kepala Dinas PESDM menginstruksikan untuk memfasilitasi legalitas usaha para pelaku industri tersebut yang notabene sebagai pahlawan devisa bagi Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button