Kabupaten Sukabumi

Lapuk Dimakan Usia, Jembatan Gantung Penghubung Dua Kecamatan Butuh Perhatian

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Jembatan gantung penghubung Kecamatan Bantargadung dan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, membutuhkan perhatian khusus akibat kondisinya yang sudah lapuk.

Kondisi jembatan penghubung Kampung Cikembang, Desa/Kecamatan Bantargadung dengan Kampung Cibungur, Desa/Kecamatan Warungkiara itu sangat memprihatinkan. Padahal fungsinya sangat diandalkan sebagai penunjang aktivitas warga.

“Ini sudah lama dibangun atas inisiatif warga zaman dulu. Kalau melihat kondisi, sling besi jembatan sudah berkarat, ini berbahaya,” ungkap Deden, warga kampung Cikembang, Selasa (31/8/21).

Ia menjelaskan, jembatan sepanjang 20 meter dengan lebar 1 meter yang berada di atas Sungai Cicareuh itu memiliki alas bambu serta penyangga berupa tali sling besi dengan 4 tiang penahan sling sudah berkarat. Hal itu membuat warga yang melintas harus ekstra hati-hati.

“Alas jembatan dari bambu sudah diganti dengan bambu baru beberapa waktu lalu oleh warga. Tapi tali slingnya belum,” jelasnya.

“Kami berharap ada perbaikan. Ini jalan alternatif warga melakukan aktivitas ke kebun atau ke kampung sebelah. Anak sekolah juga ada yang jalan jembatan dari Cikembang ke Cibungur,” tandasnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Bantargadung, Sihabudin mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan assesmen dengan Pemerintah Desa Bantargadung.

“Sudah ditinjau dan dilaporkan ke pimpinan. Mudah-mudahan segera ada perbaikan supaya lebih layak,” ungkapnya singkat.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close