Kabupaten SukabumiPeristiwa

Kisah Buaya Muara Sungai Cimandiri Berakhir

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Buaya di sekitar Muara Sungai Cimandiri, Kampung Caringin, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, kemunculannya sempat membuat heboh para pemancing. Kini, kisah buaya tersebut berakhir.

Minggu (28/6/20) sekitar pukul 23.30 Wib, reptil tersebut ditangkap warga setelah sebelumnya terjebak dalam perahu yang tengah bersandar.

“Buaya itu naik ke darat. Saat itu saya mau cuci tangan. Mungkin dia kaget dan loncat hingga masuk ke dalam perahu yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir. Kami pun menangkap dan mengikatnya,” terang warga sekitar, Abo, Senin (29/6/20).

Setelah itu, Abo dan warga lainnya menghubungi petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar buaya tersebut di evakuasi.

“Selama ini tidak pernah mengganggu memang. Tapi rasa takut pasti ada, karena ini kan binatang buas. Selama ini hanya ada satu buaya itu di Muara Sungai Cimandiri,” bebernya.

Dihubungi terpisah, Kepala Resort BKSDA Jabar wilayah Palabuhanratu, Agus Miyarso, menegaskan, pihaknya langsung responsif usai menerima laporan tersebut. Sebab menurutnya, buaya seperti itu sudah dilindungi.

“Selanjutnya akan dititiprawatkan ke lembaga konservasi Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga (PPSC) Nyalindung. Hingga nantinya dilepas kembali ke alam liar,” jelas Agus.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close