AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Kementan RI Lepas Padi VUB, Dicoba di Cisolok

Sukabuminow.com || Sejumlah varietas unggul baru (VUB) padi baru saja dilepas Kementerian Pertanian RI. Terkait itu, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bergerak cepat melakukan penanaman varietas tersebut untuk menguji kesesuaian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap mengatakan, terdapat empat VUB yang baru saja dilepas oleh Kementerian Pertanian RI. Keempatnya yakni Inpari 37, Inpari 47, Inpari 49, dan Respati.

“Kami segera melaksanakan gerakan tanam display padi di sawah milik kelompok tani Sinar Laut di Kecamatan Cisolok. Tujuannya untuk menguji kesesuaian varietas unggul baru (VUB) yang dilepas oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia,” tutur Tuty, Selasa (24/10/23).

Ia mengatakan, tak hanya gerakan tanam display, pihaknya juga memberikan informasi lengkap kepada petani terkait empat VUB tersebut. Tuty berharap, para petani dapat memperoleh informasi varietas unggul yang paling sesuai dengan membandingkan pertumbuhan, ketahanan hama, dan produktivitas beberapa varietas baru.

“Nanti selanjutnya dapat dipilih menjadi varietas yang akan ditanam secara luas di wilayah tersebut. Kami harap VUB yang kami tanam ini dapat tumbuh baik dan sesuai harapan,” pungkasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button