AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Ke Pajampangan, Menhan RI Resmikan Bantuan Ini

Sukabuminow.com || Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, meresmikan Bantuan Sumur Bor dan Pipanisasi di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/12/23). Kegiatan ditandai dengan penekanan tombol sirine di Lapang Karanganyar, Kampung Kalijaga, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sumber dan instalasi air bersih yang merupakan bantuan tersebut berada di sejumlah lokasi lainnya selain lokasi tersebut. Di antaranya di Dusun Ngluwung, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon. Selanjutnya Dusun Ciranjang Sawah, Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu; Dusun Kuta, Desa Purabaya, serta Dusun Sindanghayu, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya;

Baca Juga :

Dalam sambutannya Prabowo mengatakan, dirinya telah menginstruksikan Satuan Tugas Air Universitas Pertahanan (Satgas Unhan) untuk melakukan kajian agar bantuan air tidak hanya untuk kepentingan rumah tangga, melainkan juga untuk pertanian.

“Mudah-mudahan sumur bor ini bisa terus membantu dusun-dusun yang masih membutuhkan air bersih,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat penerima manfaat dapat menjaga sarana dan prasarana yang telah diberikan tersebut agar memiliki umur yang panjang. “Saya titip pesan, segala sarana prasarana yang sudah dibantundiberikan itu dijaga, dirawat, supaya kegunaannya manfaatnya, lebih lama,” pintanya.

Data yang ada menyebutkan, sumber-sumber air yang disediakan merupakan hasil penelitian dan eksplorasi, serta dapat dimanfaatkan oleh hampir 1.500 kepala keluarga. Bantuan sumur bor tersebut merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat Satuan Tugas Satgas Unhan, perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pertahanan RI. Total 30,55 kilometer pipa air terpasang dalam program bantuan itu.

“Ini merupakan kado istimewa untuk Kabupaten Sukabumi, khususnya masyarakat Pajampangan. In Syaa Allah akan sangat bermanfaat untuk masyarakat,” timpal Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, terkait bantuan sumur bor. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button