AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Kategori Puluhan Perkebunan Berubah?, SK Bupati Sukabumi Dinanti

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Puluhan perkebunan di Kabupaten Sukabumi masih menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Sukabumi terkait kategori kelas kebun.

Kategori kelas kebun itu sendiri merupakan hasil penilaian pengelolaan usaha perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi tahun 2021 oleh Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, 15 Juni hingga 16 Juli lalu.

“Hasil penilaiannya sudah ditanda tangani oleh pak bupati (Marwan Hamami). Sudah kita terima tadi,” terang Kepala Bidang Perkebunan, Ajat Sudrajat, Senin (4/10/21).

Penilaian pengelolaan usaha perkebunan besar atau biasa dikenal dengan istilah pencacahan perkebunan tersebut dilakukan terhadap seluruh perkebunan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Di antaranya 51 Perkebunan Besar Swasta (PBS) dan 5 PT Perkebunan Nusantara (PTPN) pengelola Hak Guna Usaha (HGU).

“Hasilnya ada perkebunan yang kategorinya naik, ada yang turun, dan ada pula yang bertahan. Kelas kebun sendiri terdiri dari kelas 1 sampai kelas 5. Semuanya sudah selesai, bahkan masa sanggah juga sudah dilewati,” jelas Ajat.

Sementara itu Kepala Seksie Penatausahaan pada Perkebunan Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gumilar Permana mengatakan, tujuan penilaian pengelolaan usaha perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi adalah untuk mengetahui kinerja pengelolaan dan optimalisasi lahan perkebunan berdasarkan 8 subsistem.

“8 subsistem itu terdiri dari legalitas perkebunan, manajemen perkebunan, kondisi pemanfaatan lahan perkebunan, unit pengolahan hasil, sosial ekonomi dan lingkungan, ekonomi wilayah, serta pelaporan,” jelasnya.

Setelah hasil penilaian ditanda tangani Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, selanjutnya Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi akan membuat sertifikat yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pertanian, Thendy Hendrayana, dan kuisioner, yang ditanda tangani oleh Thendy dan tim pencacah perkebunan.

“Kemudian soal pembagian hasil penilaian dan sertifikat serta kuisioner akan dilakukan secepatnya. Kami akan berkoordinasi dengan GPP (Gabungan Pengusaha Perkebunan) Jabar Banten Cabang Sukabumi. Mereka siap memfasilitasi pembagian hasil penilaian itu,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close