Kabupaten SukabumiPemilu 2024

Kapasitas PKD Terus Ditingkatkan, Bawaslu Kabupaten Sukabumi Gelar Rakernis

Sukabuminow.com || Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terus membekali para Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dengan ilmu jelang bergulirnya Pilkada Serentak 2024. Terbaru, organisasi yang diketuai Faisal Rifai itu menggelar rapat kerja teknis.

“Kita gelar rapat kerja teknis untuk para PKD di 47 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Kami ingin memastikan semua siap untuk Pilkada nanti,” ungkap Koordinator Divisi Hukum Dan Sengketa Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Abdulloh Sarabiti, dalam Rakernis yang digelar di MAN 2 Sukabumi, Palabuhanratu, Selasa (2/7/24).

Bang Jo -sapaan karib Abdulloh- mengatakan, Rakernis digelar serentak di enam kecamatan Dapil I, delapan kecamatan Dapil II, dan enam kecamatan Dapil III. Sedangkan Rakernis di Dapil IV, V, dan VI, akan digelar Rabu (3/7/24) esok.

“Sebetulnya kegiatannya satu hari. Tapi karena keterbatasan personel, jadi dibagi Jadi dua hari ini,” terangnya dalam kegiatan yang dihadiri Panwascam dari enam kecamatan di Dapil I itu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2024. Dan yang paling utama, kata Bang Jo, untuk meningkatkan kapasitas PKD berkaitan dengan laporan hasil pengawasan, penanganan pelanggaran, dan yang berkaitan dengan potensi-potensi sengketa.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kita melakukan penguatan kapasitas terhadap penyelenggara kita di tingkat ad hoc. Berkaitan dengan kemampuan-kemampuan teknis PKD, lalu upaya pencegahan terhadap kepala desa, juga badan ad hoc yang di tingkat kecamatan koordinasi upaya pencegahan berkaitan dengan netralitas ASN. Kemudian berkaitan juga dengan potensi money politic pada saat pelaksanaan kampanye,” bebernya.

Ia menegaskan, Bawaslu Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas badan ad hoc penyelenggara. Sebab menurutnya, kesiapan badan ad hoc menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan dalam pengawasan.

“Tentu kita akan mempersiapkan kapasitas badan ad hoc teman-teman penyelenggara sebaik mungkin,” tandasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button