Kabupaten SukabumiPendidikan

Kabid SD Disdik Kabsi : Dana BOS Bisa Untuk Penuhi Kebutuhan Sarpras Sekolah

Sukabuminow.com II Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Angkat bicara. Terkait kondisi SDN Karajinan Kecamatan Nagrak. Yang memiliki  dua Ruang Kelas Baru : RKB. Namun belum dilengkapi sarana prasarana. Yakni meubeler (meja dan bangku peserta didik).

Kepala Bidang Sekolah Dasar : Agus Muharam mengatakan. Pihaknya telah menyiapkan anggaran. Untuk memnuhi meubeler. Di SDN Karajinan.

“Tapi jika bicara dana APBD Kabupaten Sukabumi. Anggarannya sangat terbatas. Jadi kami lebih konsentrasi kepada yang bersifat urgent. Atau lebih prioritas. Seperti pembangunan ruang kelas,” ungkap Agus kepada Sukabuminow. Kamis (27/6/19).

Baca Juga :

Masih kata Agus. Tak hanya anggaran APBD. Pihaknya juga melihat anggaran yang dikelola oleh sekolah. Disamping dana  yang bersifat fisik. Ada juga dana yang sifatnya operasional. Seperti dana Biaya Opersional Sekolah : BOS.

“Sebenarnya sekolah dapat memanfaatkan dana BOS. Untuk memenuhi kebutuhan meubeler.Seyogyanya sekolah mampu memanaje dana tersebut. Sehingga kebutuhan yang dipandang prioritas oleh sekolah. Bisa teratasi.  Jadi bisa saja. Kebutuhan pengadaan seperti meubeler. Dialokasikan dari dana BOS,” kata Agus.

Agus menambahkan. Pembangunan RKB melalui bantuan Dana Alokasi Khusus : DAK pusat. Secara swakelola. Biasanya telah disertai dengan anggaran untuk meubelernya.

“Namun jika pembangunan dari APBD Kabupaten Sukabumi. Secara kontraktual. Mungkin saja tidak dianggarkan untuk maubelernya. Karena itu tadi. Dana APBD kita terbatas,” tutupnya. (Cepi ST)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close