Kabupaten SukabumiSosial

Jumsih Kecamatan Palabuhanratu, Arhanud Terjunkan Pasukan

Sukabuminow.com || Kecamatan Palabuhanratu memiliki kegiatan rutin yang digelar setiap pekannya. Kegiatan yang dimaksud adalah Jumat Bersih (Jumsih).

Jumsih kali ini (3/6/22), terasa lebih spesial. Pasalnya, selain personel yang biasa terlibat, Kecamatan Palabuhanratu juga mendapatkan suntikan tenaga dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara 3/Yudha Bhuana Yakca atau Yon Arhanud 3/YBY Kodam III Siliwangi.

“Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan tenaga dari Yon Arhanud 3/YBY untuk Jumsih kali ini. Ada 150 prajurit yang diterjunkan,” terang Camat Palabuhanratu, Ali Iskandar.

Ali mengatakan, selain dengan tambahan ratusan prajurit Yon Arhanud 3/YBY tersebut, jumlah masyarakat yang terlibat dalam Jumsih kali ini tak kurang dari 500 orang.

“Unsur lainnya juga hadir, Forkopimcam, Setda, para pedagang, Pramuka, para pelajar, Pos AL, dan masih banyak lagi,” jelas Ali.

“Untuk areanya, kita gelar bersih-bersih di seputaran Kota Palabuhanratu. Dan kami juga berharap, kegiatan ini juga dilakukan di setiap desa hingga di tingkat RT. Sebab kalau bersih, bukan hanya kita jadi betah, juga In Syaa Allah akrab dengan kesehatan,” tegasnya.

Di tempat sama, Komandan Satgas Yon Arhanud 3/YBY, Mayor Arh Achmad Yani mengatakan, kehadirannya pihaknya di Palabuhanratu berkaitan dengan latihan kesiapan pra tugas pengamanan daerah rawan. Adapun sasarannya nanti di Maluku Utara.

“Pengamanan daerah rawan ini rutin tiap tahun. Satu batalyon Arhanud akan ditempatkan di Maluku Utara nanti. Kita latihan kesiapan pra tugas di Palabuhanratu karena karakter daerah dan masyarakatnya mirip,” bebernya.

Ia menjelaskan, latihan kesiapan pra tugas tersebut berlangsung sejak 30 Mei lalu dan akan berakhir pada 5 Juni mendatang. Pihaknya akan kembali ke Markas Yon Arhanud 3/YBY di Bandung. Namun akan kembali ke Palabuhanratu untuk menggelar latihan pra tugas.

“Latihan kesiapan pra tugas kita gelar selama seminggu. Kemudian nanti kita kembali ke sini untuk latihan pra tugas selama dua minggu. Baru kita berangkat ke Maluku Utara untuk tugas pengamanan daerah rawan,” jelas komandan satuan berlambang kelelawar itu.

Achmad Yani menegaskan, kegiatan seperti Jumsih atau sosial lainnya termasuk dalam agenda latihan kesiapan pra tugas. Hal itu lantaran berhubungan dengan kegiatan yang bersifat pembinaan teritorial.

“Pengamanan daerah rawan bukan berarti fokus ke pengamanan saja. Tapi kita masuk melalui kegiatan sosial. Di mana di dalamnya banyak sekali celah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan melakukan sosialisasi serta mengajak mereka untuk tetap menjaga kedamaian,” pungkasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button