Kabupaten Sukabumi

Irigasi PLTA Kasepuhan Ciptarasa Tergerus Longsor, Kerugian Capai Ratusan Juta

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || PLTA Kampung Adat Ciptarasa di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang operasinya terhambat akibat irigasi penyuplai air tergerus longsor, merupakan warisan dari sesepuh adat terdahulu.

Diungkapkan Sekretaris Desa Sirnarasa, Cakra, PLTA dibangun oleh sesepuh kasepuhan adat yang lebih dari 25 tahun lalu, saat kasepuhan masih dipimpin Abah Anom yang saat ini sudah tiada.

“Keberadaan PLTA ini sangat bermanfaat untuk ratusan masyarakat kampung adat di dua kadusunan. Sekarang pasokan listrik untuk penerangan sangat terganggu,” terangnya, Selasa (8/9/20).

“Listrik yang dihasilkan dari PLTA ini untuk menyuplai kebutuhan sekitar 150 rumah dua kadusunan di Kasepuhan Ciptarasa. Kemarin juga langsung dilaporkan ke Kecamatan Cikakak dan BPBD,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Camat Cikakak, Asep Mahmud, mengatakan, pihaknya telah meninjau lokasi kejadian. “Sudah ditindaklanjuti, usulan, laporan agar ada upaya ke arah perbaikan. Kerugian akibat diperkirakan sekitar Rp 100 jutaan,” singkatnya.

Sebelumnya diberitakan, Ratusan warga di Kampung Adat Kasepuhan Ciptarasa, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, kesulitan mendapatkan penerangan listrik.

Informasi yang dihimpun, matinya aliran listrik diakibatkan turbin PLTA yang berada di sungai Cisarua, Desa Sirnarasa, tidak berfungsi setelah pipa irigasi tergerus longsor akibat diguyur hujan deras pada Kamis (4/9/20) lalu.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close