Kabupaten SukabumiSosial

Hari Laut Sedunia, Satpol Airud Sukabumi Sisir Sampah Pantai

Sukabuminow.com || Pantai Muara di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dibersihkan dari sampah oleh Satuan Polisi Air Dan Udara Polres Sukabumi, Sabtu (8/6/24). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia 2024.

“Kami turunkan 15 anggota, terus ada dari warga juga yang simpati dan peduli. Kita melaksanakan bersih-bersih sesuai perintah pimpinan juga, dari Direktorat Polda Jabar dan dari Polres Sukabumi untuk melaksanakan bersih-bersih pantai,” terang Kasat Polairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar di lokasi.

Ia menjelaskan, Pantai Muara Citepus dipilih menjadi lokasi kegiatan karena berada di jalur wisata. “Muara Citepus ini dilewati wisatawan. Kalau kotor makanya citra akan tercoreng,” katanya.

Dari aksi itu, pihaknya mengumpulkan mayoritas sampah rumah tangga seperti sampah bekas kelapa, botol bekas minuman, plastik, dan yang lainnya. Pihaknya menyiapkan 50 trash bag dalam kegiatan itu.

“Sampah kita kumpulkan, kemudian diangkut oleh petugas kebersihan. Imbauan kepada masyarakat khususnya kepada (pemilik) warung-warung, wisatawan juga, untuk membuang sampah pada tempatnya. Setiap warung harus menyediakan tempat sampah masing-masing. Jadi bila mana nanti ada pengangkutan sampah bisa langsung dievakuasi. Jangan membuang sampah ke pantai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit, Rio de Janeiro, Brasil. Hingga akhirnya pada 2008 silam, peringatan ini disahkan oleh PBB. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button