Kabupaten SukabumiPeristiwa

Gelombang Tinggi Sebabkan Kapal Tongkang Batubara Karam

Sukabuminow.com || Gelombang tinggi kerap terjadi di perairan Teluk Palabuhanratu. Hal itu pula yang diduga kuat. Menyebabkan kapal tongkang pengangkut batu bara milik PT Titan Infra Energy dan PT Kasih Industri Indonesia : KII karam di Pantai Cipatuguran. Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu. Minggu (28/5/19).

PT Indonesia Power : PT IP PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu. Selaku pemesan batu bara. Mengaku prihatin dengan musibah tersebut. Meski sebelumnya. Manajemen PT IP telah melayangkan peringatan kepada para agen. Terkait kemungkinan gelombang tinggi.

“Batu bara itu dari Sumatera Selatan dan Jambi. Kami sudah berikan peringatan terkait gelombang tinggi. Tapi ternyata malah terjadi,” ungkap Sekretaris PT IP : Igan Subawa Putera kepada Sukabuminow. Rabu (15/5/19).

Baca Juga  :

Igan menjelaskan. Informasi kemungkinan gelombang tinggi. Bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika : BMKG. Hal tersebut juga telah disampaikan. Dalam rapat mingguan tongkang bersama manajemen jetty. Perwakilan para agen. Pendamping TNI. Dan surveyor independen. Yang digelar Jumat (26/4/19) lalu.

“Bagaimanapun musibah ini sudah terjadi. Kami tidak saling menyalahkan. Sekarang hanya tinggal mencari upaya. Menyelesaikan masalah ini,” paparnya.

Upaya yang dimaksud. Antara lain : Melakukan pembersihan bibir pantai yang terpapar tumpahan batu bara. Dengan melibatkan beberapa pihak terkait dan masyarakat setempat; Melakukan tes kualitas air. Berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup : DLH Kabupaten Sukabumi;

Melakukan evakuasi pemindahan tongkang ke tempat yang lebih aman bersama dengan pihak agen. Agar menghindari resiko masalah baru yang muncul; Dan berkoordinasi dengan masyarakat nelayan sekitar. Yang terkena dampak tumpahan batu bara; (Yadi)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Inline
Inline