AdvertorialKabupaten SukabumiParlemen

Gelar Reses di Dua Titik, Sodikin Serap Banyak Aspirasi

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin, menuntaskan rangkaian Reses Tahap II tahun 2020. Politisi PKS itu menggelar Reses di dua lokasi berbeda dalam rentang dua hari.

Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, dipilih Sodikin menjadi titik pertama Reses dengan 60 orang peserta pada Kamis (11/6/20). Sedangkan Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, dipilih menjadi titik kedua yang digelar pada Jumat (12/6/20).

“Di Cikembar, mayoritas aspirasi warga masih seputar pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana keagamaan,” tutur Koordinator Komisi IV itu, Sabtu (13/6/20).

Selain itu, warga Cikembar juga mengadukan perihal bantuan sosial dampak Covid-19 yang dinilai tidak merata.

“Jaring pengamanan sosial serta kondisi ekonomi juga disampaikan warga kepada kami,” ujarnya.

RESES Sodikin di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan. Foto : Ist

Sementara itu, Reses di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, juga dihadiri 60 orang peserta. Sodikin menjelaskan, aspirasi warga Cisande sedikit berbeda dengan warga Cikembar.

“Usulan warga Cicantayan lebih memprioritas peningkatkan pembangunan Agrowisata atau Wisata Kebun Desa Cisande,” terangnya.

Usulan tersebut, lanjut Sodikin, disampaikan oleh Lembaga Karang Taruna Desa Cisande yang notabane pengelola Agrowisata tersebut. Dirinya menilai usulan tersebut cukup potensial.

“Saya juga melihat mereka sudah punya talenta dalam hal pengelolaan Agrowisata,” jelasnya.

Agrowisata Desa Cisande menyedikan permainan alam, seperti outbond dan lain sebagainya. Wahana tersebut telah berjalan dengan pengunjung yang sudah mulai meningkat.

“Mereka masih membutuhkan biaya untuk pembangunan peningkatan fasiltas. Supaya lebih lengkap lagi,” bebernya.

Seluruh usulan masyarakat dalam Reses Ke-II ini, Sodikin akan memasukannya dalam draft pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD. Untuk selanjutnya ditindaklanjuti ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) perubahan tahun 2020.

“Semoga bisa masuk dalam anggaran perubahan 2020. Kalaupun tidak masuk, mungkin bisa masuk di tahun selanjutnya. Namun seandainya saat ini kondisinya normal, bisa kita masukan ke dalam anggaran perubahan tahun ini,” paparnya.

Dirinya mengaku terus memberikan
gambaran kepada masyarakat terkait usulan pembangunan yang akan diadvokasi olehnya tersebut.

“Kita bicara pahit saja dulu. Kemungkinan besar tidak terakomodir di RAPBDP saat ini. Karena memang sekarang ini anggaran lebih difokuskan kepada penanganan Covid-19 atau program yang kemarin terganggu,” terangnya.

“Saya berharap, masyarakat memahami hal itu. Kita mengajak masyarakat untuk tetap bersabar atas musibah dan bersyukur atas nikmat yang ada. Semoga pelaksanaannya dapat dilakukan di periode selanjutnya. Alhamdulillah mereka bisa mengerti,” jelas Sekertaris DPD PKS Kabupaten Sukabumi itu.

Sodikin menganggap Reses kali ini merupakan momentum penting. Ssbab bertepatan dengan suasana halal bihalal dan di tengah situasi ujian pandemi Covid-19. Sehingga di samping menampung aspirasi masyarakat dan menyampaikan informasi serta program dari pemerintah, dirinya juga mengajak masyarakat untuk tetap optimis. Serta menjadikan Covid-19 sebagai ujian yang harus diambil hikmahnya dalam kehidupan.

“Saya mengajak masyarakat agar selalu menjalani pola hidup sehat dan selalu mengikuti protokol kesehatan dalam pencegahan wabah Covid-19,” tutupnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close