AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Bagikan Puluhan Traktor

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Puluhan hand traktor roda dua diberikan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan). Penyerahan hand traktor dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Selasa (4/8/20).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, mengatakan, puluhan hand traktor tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 yang diperjuangkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Slamet.

ANGGOTA DPR RI Fraksi PKS, Slamet, menyerahkan kunci hand traktor secara simbolis kepada Ketua Poktan Mubarokah Cireunghas disaksikan Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri. Foto : Sukabuminow

“Totalnya 43 hand traktor untuk 43 Poktan. Ini hasil pengajuan 2019 yang diperjuangkan dan digiring oleh Pak Slamet. Alhamdulillah, ini hasilnya,” tutur Sudrajat.

Ia menjelaskan, para petani memang membutuhkan hand traktor selain jaringan irigasi untuk melakukan percepatan tanam.

PENDISTRIBUSIAN hand traktor yang diperjuangkan Anggota DPR RI Fraksi PKS, Slamet, berjalan lancar. Foto : Sukabuminow

“Lahan sawah di Kabupaten Sukabumi 56.873 hektare. Sasaran tanam mencapai 164.626 hektare. Artinya kita harus menanam sebanyak tiga kali dalam setahun. Jadi jelas, bantuan ini sangat bermanfaat,” terangnya.

Di tempat sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, sangat mengapresiasi kinerja Slamet dalam menggiring bantuan tersebut.

“Ini kerja nyata Pak Slamet dalam membantu para petani di Kabupaten Sukabumi. Semoga Anggota DPR RI lainnya dari Sukabumi Raya juga dapat berbuat hal yang sama,” ujar Sekda.

Ia menyebut, Komisi IV DPR RI memiliki posisi strategis dalam hal pertanian. Mengingat memiliki mitra kerja di antaranya Kementrian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

“Sangat cocok untuk Kabupaten Sukabumi. Wilayahnya memang bergantung pada pertanian, kelautan, dan kehutanan. Semoga Pak Slamet dapat terus mendorong dan menggiring bantuan-bantuan dalam tiga bidang itu ke Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Di tempat sama, Umuh Hibudin, Ketua Kelompok Tani Mubarokah, Kecamatan Cireunghas, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan hand traktor yang merupakan hasil perjuangan Anggota DPR RI Fraksi PKS, Slamet tersebut.

“Ini bantuan pertama bagi kelompok kami. Kontur tanah di kami memang sangat membutuhkan traktor. Kami mengelola 30 hektare lahan sawah. Setiap hektare menghasilkan 20 ton padi. Semoga kedepan hasilnya meningkat,” harapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close