Kabupaten SukabumiPemerintahan

Cipta Kondisi Tibumtranmas, Satpol PP Gunakan Prinsip ‘Teteh’

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminiw.com || Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi terus berupaya menciptakan kondisi nyaman dan tertib di wilayah Ibukota kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu.

Salah satu caranya dengan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Alun-alun Kota Palabuhanratu yang dilakukan selama dua hari, Selasa dan Rabu (11 dan 13/10/21).

“Dalam penertiban PKL kemarin kami terjunkan 63 personel. Prosesnya lancar, tidak ada gesekan. Para PKL juga cukup kooperatif,” terang Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi, Dody Rukman Meidianto, Kamis (14/10/21).

Dalam prosesnya, kata Dody, penertiban dilakukan dengan mengedepankan pendekatan persuasif dengan prinsip Tegas Terarah dan Humanis (Teteh) kepada para pedagang yang berjualan di sepanjang bahu jalan atau trotoar.

“Dengan Teteh, tujuan utama kegiatan ini yakni ketertiban umum bisa tercapai dengan lebih mudah,” ungkap mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi itu .

Dody menjelaskan, dalam kegiatan itu, pihaknya berpegang pada peraturan yang ada. Di antaranya Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibuntranmas); dan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

“Kami ingin masyarakat paham, bahwa penegakan aturan ini untuk menciptakan peluang usaha yang lebih besar dan potensial. Karena rasa aman, nyaman, indah, dan tertib, merupakan bagian dari sapta pesona pariwisata. Itu bisa menjadi nilai tambah bagi para pengunjung, dan menjadi market yang baik bagi pengembangan usaha,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close