AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Budidaya Jambu Kristal di Sukabumi Menggeliat

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Petani di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, tengah gencar membudidayakan jambu kristal. Pantauan Sukabuminow.com, lebih dari 1.000 pohon baru ditanam di Desa Bojongkembar dan Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar.

“Faktor perubahan cuaca dan kontur tanah di sini mulai kurang cocok untuk tanaman musiman. Sumber air juga agak kurang di sini. Makanya kami memilih untuk menanam jambu kristal. Selain itu z harga jualnya juga sangat bagus,” terang Ketua Kelompok Tani Jambu Kristal Cikembar, Apud, Kamis (16/7/20).

Apud menegaskan, banyaknya lahan perkebunan jambu kristal di Cikembar akan menjadi potensi kawasan edukasi dan rekreasi. Ia mengatakan, telah banyak pengunjung yang mulai datang ke kebun.

“Alhamdulillah sudah banyak yang berkunjung. Ada yang mau belajar budidaya, ada juga yang sekadar rekreasi petik jambu,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm Cikembar, Hima Imaduddin Malik, menegaskan, asosiasi dan kelompok tani sebagai wadah petani jambu kristal dibantu Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan pemerintah desa setempat, telah melakukan pendekatan kepada para petani jambu agar kedepannya bisa meningkatkan kuantitas maupun kualitas jambu kristal yang ada.

“Kami sangat berharap, kedepan ada dukungan lebih dari pemerintah. Agar potensi jambu kristal bisa lebih dikembangkan lagi, baik dari penataan kawasan maupun sarana produksinya,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close