Pemerintahan

Buah Pikir Iyos Somantri, Lahirkan Pergub Ini

Sukabuminow.com II Iyos Somantri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, menuai banyak pujian dalam Rapat Sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 72 tahun 2018 tentang Pengembangan Kawasan Geopark di Daerah Provinsi Jawa Barat, Selasa (6/11/18). Pasalnya, Pergub (Peraturan Gubernur) tersebut lahir dari buah pikir pria berkulit putih itu selama proses Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan) satu.

“Konsep memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat dapat segera terwujud dengan Pergub ini,” ungkap Iyos.

Dalam rapat yang digelar di Ruang Sangga Buana, Gedung Sate, Bandung tersebut, Iyos menyebut jika dirinya mengambil keputusan berupa proyek perubahan dengan gagasan inovatif untuk mengembangkan geopark. Terlebih, Kabupaten Sukabumi memiliki Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang telah diakui dunia dan menjadi anggota UGG (Unesco Global Geopark).

Iyos Somantri saat memaparkan buah pikirnya dalam rapat. Foto : Ist

“Salah satu alasan saya mengambil tema pengembangan geopark adalah karena berkontribusi delapan goals dari 17 goals SDGs (Sustainable Development Goals). Itu sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelasnya.

Adapun Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.

“Geopark memiliki tiga pilar yang harus dibangun untuk memuliakan bumi dan mensejahtrakan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, mengaku mendukung penuh gagasan tersebut. Menurutnya, itu sejalan dengan cita-citanya membangun pariwisata berkelas dunia yang tengah disiapkan.

“Saya sangat merekomendasikan karya yang sangat luar biasa dari pak Iyos ini,” ujarnya. (Bimbim)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close