Kabupaten SukabumiKomunitas

Bentuk Generasi Tanggap Bencana, FKSD Lakukan Ini

Sukabuminow.com || Puluhan pelajar SDIT Baetul Qur’an Patuguran, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tampak antusias mengikuti pelatihan mitigsi bencana simulasi gempa bumi dan tsunami, Rabu (17/10/18).

“Ini kegiatan lanjutan kami setelah sebelumnya digelar di Pondok Pesantren Modern Putra dan Putri Assalam,” ungkap Okih Fajri Assidiq, Ketua FKSD (Forum Komunikasi SAR Daerah) Kabupaten Sukabumi.

Ia menerangkan, kegiatan tersebut merupakan program kerja FKSD yang bertujuan mempersiapkan dan membentuk masyarakat Kabupaten Sukabumi yang tanggap, tangkas, dan tangguh menghadapi bencana.

“Kami lakukan pengenalan potensi kerawanan bencana alam di Kabupaten Sukabumi. Kami ajarkan agar saat bencana datang mereka dalam keadaan siap, tertib, gesit, dan tidak egois,” tegasnya.

Materi yang diajarkan diantaranya tanggap darurat, cara menghadapi bencana gempa bumidan tsunami, evakuasi mandiri, dan self rescue. Serta membentuk satuan tugas siaga bencana mandiri di SDIT Baetul Qur’an.

“Jelas kita tidak berharap terjadi bencana. Tapi, jika bencana itu datang sewaktu-waktu, maka pelatihan ini bisa diterapkan,” pungkasnya. (Dena)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close