Kabupaten SukabumiSosial

Adminduk Penghuni Rutilahu di Cisolok Diperbaharui

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Keluarga Andi Saputra (49 th) di Kampung Pasir Koet RT 04/07, Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi sempat menjadi sorotan karena kondisi ekonominya yang serba kekurangan. Bahkan, untuk kebutuhan sehari-hari saja, keluarga tersebut mendapatkan bantuan dari tetangga.

Sekretaris Kecamatan Cisolok, Asep Rusli Rusmawijaya, mengatakan, Andi berprofesi sebagai pencari paku bekas menggunakan magnet. Namun ditengah pandemi Covid-19 ini, paku yang dihasilkan tidak ada yang membeli.

“Keluarga Pak Andi tinggal di rumah tidak layak huni (Rutilahu). Mereka tinggal berlima dalam rumah itu. Dan memang sedang menghadapi kesulitan dampak Corona,” terangnya saat ditemui Sukabuminow.com di ruangannya, Senin (13/5/20).

Ia menjelaskan, pihak kecamatan sebelumnya tidak mengetahui keberadaan keluarga tersebut sebelum mengetahuinya melalui pemberitaan. Asep Rusli menegaskan, melaksanakan instruksi Camat Cisolok, Kurnia Lismana, untuk melakukan pemeriksaan ke lapangan.

“Keluarga itu sulit tersentuh bantuan pemerintah karena tersandung administrasi kependudukan (Adminduk). Mereka belum melakukan perekaman e-KTP. Hanya memiliki Kartu Keluarga. Dan itu pun tercatat bukan sebagai warga Cisolok tapi Cicantayan. Makanya belum terdata di kami. Jadi agak sulit untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, pihaknya melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cisolok, segera mengurus Adminduk keluarga Andi dengan memperbaharuinya. Kini, keluarga tersebut resmi tercatat sebagai warga Kecamatan Cisolok.

“Pak Andi sudah memiliki surat keterangan e-KTP sementara sebagai warga Cisolok. In Syaa Allah akan memudahkan kami berkoordinasi dengan berbagai pihak sebagai jalan mencari bantuan. Saya mengimbau seluruh RT/RW di Kecamatan Cisolok, untuk berkoordinasi jika menemukan hal seperti ini. Bagaimanapun juga, Adminduk warga sangat penting,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close