AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPeristiwa

19 Kecamatan Terdampak Gempa Cianjur, Ini Pesan Bupati Sukabumi

Sukabuminow.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menyebut 19 wilayah Kabupaten Sukabumi terdampak gempa bumi 5.6 magnitudo yang berpusat di Cianjur.

Ia mengatakan, ratusan rumah rusak ringan hingga berat. Selain itu, puluhan kepala keluarga mengungsi, dan belasan orang luka ringan.

“Data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) tencatat hingga saat ini jumlah rumah rusak mencapai 681 unit. Ini sifatnya masih sementara. Kami masih melakukan asesmen terkait kerusakan. Kondisi terparah di wilayah yang berbatasan dengan Cianjur, yakni Kecamatan Sukalarang,” tutur Marwan, Rabu (23/11/22).

Sementara itu, warga yang mengungsi mencapai 58 kepala keluarga. Sedangkan 11 orang mengalami luka.

“Korban luka karena tertimpa puing bangunan rumah. Semuanya sudah mendapatkan penanganan medis. Sementara untuk korban jiwa, hingga saat ini belum ada laporan,” terangnya.

Selain bangunan rumah, enam sekolah dan 10 sarana ibadah seperti masjid dan musala terdampak. Akses jalan di Kecamatan Gunungguruh juga mengalami kerusakan.

“Saya minta kepala perangkat daerah, camat, kepala desa, harus on call 24 Jam. Kita bantu warga yang terkena dampak terutama warga Kabupaten Sukabumi, selebihnya bergeser ke Cianjur untuk membantu. Kita fokus pada warga Kabupaten Sukabumi dulu, setelah itu kita bantu daerah lain,” tegasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button