AdvertorialKabupaten Sukabumi

Vandalisme hingga Fasilitas Penunjang Rusak Dialami Taman Bappeda

Sukabuminow.com || Taman Bappeda di Jajaway, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tidak pernah lepas dari tangan-tangan jahil. Fasilitas publik itu tampak penuh vandalisme atau coretan di tembok.

Menurut petugas kebersihan Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi, Heriyanto, vandalisme bukan hanya terjadi di Taman Bappeda. Namun juga taman lainnya.

“Nah yang ini di Taman Bappeda baru lagi, ada lagi ini. Sudah pusing mau bagaimana lagi. Sudah dilaporkan juga. Sudah seminggu ini saya baru ngasih laporan,” tuturnya, Rabu (1/11/23).

Selain vandalisme, sejumlah fasilitas penunjang di Taman Bappeda juga diketahui rusak. Di antaranya keran air, pintu toilet, atap toilet bocor, hingga bangku untuk pengunjung di depan taman patah.

“Lampu-lampu taman pada tumbang karena corannya gak kuat cuman nempel doang kayaknya, kena angin juga. Itu tiangnya kan besi, orang lewat mungkin pemikirannya besi lumayan dikilo,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya bukan tanpa upaya mengajak masyarakat pengunjung untuk ikut menjaga dan merawat fasilitas yang dibangun dengan uang negara tersebut. Namun menurutnya, aksi vandalisme terjadi saat pihaknya tidak sedang berjaga.

“Banyak taman yang harus diawasi juga. Ada Taman Pantai Citepus, Tenjoresmi, Lapang Cangehgar, Alun Alun Palabuhanratu, Pasanggrahan di Cikeong, Taman Selamat Datang di Bagabagan juga,” terangnya.

Belum lama ini, kata Heryanto, Disperkim telah melakukan pengecatan ulang di sejumlah taman tersebut untuk menutupi vandalisme. Namun kejadian sama kerap berulang.

“Ada personel yang menjaga taman. Kerjanya disif dari jam 7 pagi sampai siang, kemudian nyambung sampai malam. Mungkin saat kita lengah itu terjadi lagi,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button