AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatan

Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan, Kemenkes RI Rilis Surat Edaran

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI akan melanjutkan program vaksinasi Covid-19 meski di tengah bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor : HK.02.02/I/801/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Umat Islam Di Bulan Ramadhan.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, mengatakan, pihaknya siap melaksanakan tugas sesuai perintah yang ada.

“Sasaran vaksin di negara kita ini berjumlah 181,5 juta orang. Dan itu harus selesai dalam 300 hari,” terang Andi mengutip isi SE tersebut, Rabu (7/4/21).

Di Kabupaten Sukabumi, proses vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan akan dilakukan di 66 fasilitas kesehatan, yang terdiri dari 58 Puskesmas dan 8 rumah sakit.

“Pelaksanaannya bisa pagi pukul 7 sampai 9. Atau bisa juga malam setelah salat tarawih,” jelasnya.

Andi menjelaskan, ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh pimpinan daerah, dinas kesehatan, dan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan vaksinasi Covid-19. Di antaranya Tetap melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 saat sedang berpuasa dengan memperhatikan kondisi dan keadaan umum sasaran (di meja skrining) sebelum divaksinasi;

Selanjutnya, Dapat melakukan vaksinasi Covid-19 di siang ataupun malam hari dengan penjadwalan tempat dan waktu tertentu terutama bagi sasaran lansia maupun tokoh agama;

Dan terakhir, Segera melakukan sosialisasi dan tindakan korektif yang diperlukan dalam rangka meningkatkan optimalisasi pelaksanaan vaksinasi dan percepatan peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19.

“Untuk dasar hukumnya ada 6 poin. Dan poin terakhir menyebutkan bahwa hukum vaksinasi saat berpuasa sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 tahun 2021,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close