Kabupaten Sukabumi

Tinggal di Gubuk Miring, Dua Sejoli Idamkan Rumah Layak

Sukabuminow.com || Pasangan lansia (lanjut usia), Abah Oji (75) dan Mak Adah (70), menempati rumah yang sudah sangat tidak layak untuk dihuni. Keduanya tinggal di kampung Tangkil RT 04/01, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Bahkan, kondisi yang dialami pasangan lansia ini sempat viral di medsos (media sosial)

Dari penelusuran Sukabuminow, Kamis (14/3/19), keduanya menempati rumah reyot dan miring berukuran 4X3 meterpersegi. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, Abah Oji mencari nafkah dengan menjual daun pisang di pasar terdekat. Tak hanya itu, ia juga aktif sebagai tukang bersih-bersih makam di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Babakanpari, Kecamatan Cidahu.

“Abah dan emak sudah dua tahun tinggal di sini. Sebelumnya abah tinggal sama saudara di Kampung Sawah Randu, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug. Tapi sama saudara itu, abah dibawa ke sini dan dibangunkan rumah dengan swadaya dari keluarga,” terangnya saat ditemui Sukabuminow, Kamis (14/3/19).

Baca Juga  :

Bah Oji mengaku, dirinya lahir di Kampung Tangkil. Namun dirinya kerap berpindah-pindah karena desakan ekonomi. Hal itu dibenarkan Nunung, salah satu kerabat Abah Oji.

“Dulunya abah memang warga sini. Tapi abah sering berpindah-pindah. Berkat bantuan dari keluarga, abah kembali kesini. Baru beberapa minggu ini beliau berdua mendapatkan identitas warga Desa Tangkil,” beber Nunung.

“Semoga abah sama emak diberikan rezeki berlimpah agar bisa memiliki rumah layak. Meskipun warga sini, tapi abah sempat melanglang buana dan baru kembali ke sini serta mendapatkan identitas baru-baru ini,” pungkasnya. (R Tanjung)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail

Tags

Related Articles

Close