AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Terkait Tindaklanjut Rekomendasi, BPK RI Acungi Jempol Pemkab Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapat apresiasi dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Barat. Apresiasi disampaikan dalam Exit Meeting Pemeriksaan Interim Tahap II atas Laporan Keuangan Pemkab Sukabumi dan Pemeriksaan Bantuan Partai Politik Tahun Anggaran 2020, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jumat (5/3/21).

BPK menganggap Pemkab Sukabumi serius dalam menindaklanjuti hasil rekomendasi. Bahkan tindaklanjut yang dilakukan Pemkab Sukabumi melebihi batas standar yang ditetapkan BPK RI, yakni melebihi 75 persen.

“Kabupaten Sukabumi mencapai 79 persen lebih dalam tindaklanjut hasil rekomendasi BPK RI pada semester II kemarin. Hampir 80 persen,” ujar Kepala Subauditorat Jabar I BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Ari Endarto.

Ari menjelaskan, batas standar average yang ditetapkan di tingkat nasional adalah 75 persen. Hal itu membuat BPK cukup terkejut, lantaran Pemkab Sukabumi masih memiliki pekerjaan rumah (PR).

“Tindaklanjut atas rekomendasi BPK RI ini akan menjadi salah satu poin penentu opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Masih ada waktu beberapa pekan untuk membereskan PR tersebut. Batas akhir penyerahan laporan keuangan pada 22 Maret mendatang,” jelasnya.

Di tempat sama, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, menegaskan komitmen kepada BPK RI, yakni menyerahkan sisa pekerjaan laporan keuangan sebelum 22 Maret mendatang. Ia mengajak seluruh perangkat daerah untuk menindaklanjuti hasil rekomendasi BPK RI. Sehingga, laporan keuangan Pemkab Sukabumi terus membaik setiap tahunnya.

“Kita masih ada 20 persen yang harus dituntaskan. Kekurangan dan keterbatasan akan terus diperbaiki secara bersama-sama. Kita upayakan untuk meraih WTP ke tujuh kalinya secara berturut-turut,” tegasnya.

Editor : Mulya H || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close