Kabupaten SukabumiSosok

Remaja Hebat, Bantu Keluarga Tanpa Putus Sekolah

Sukabuminow.com || Adia Riswandi, warga Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, memiliki tekad dan keinginan kuat untuk membantu ekonomi keluarganya. Terlebih saat ini, ayahnya tengah dalam kondisi sakit prostat.

Remaja 17 tahun itu tak mengenal kata gengsi dalam menjalani hidup. Pelajar kelas tiga sekolah tingkat atas itu pun rajin membantu keluarga dengan berjualan sayuran sebelum berangkat sekolah.

“Bapak sakit sudah tiga tahun, lalu ibu yang membiayai jadi buruh cuci. Adia enggak tega, kasihan lihat ibu berangkat pagi pulang magrib bawa pulang 50 ribu. Lalu inisiatif sendiri Adia mulai berjualan, sebelum berangkat sekolah dan pulang sekolah,” tuturnya, Jumat (18/11/22).

Buah hati pasangan Bubun (47 th), dan Rokaeni (44 th) itu mengaku telah ‘memutuskan urat malu’ dan tak lagi menghiraukan perasaan tersebut. Dirinya hanya ingin membantu keluarga dan dengan rela melepas masa-masa remajanya lebih cepat dan fokus pada membantu ekonomi keluarganya.

“Yang penting semangat bisa membantu keluarga. Apalagi saat berjualan, lihat ibu-ibu yang mau beli sayur Adia pada ramah pada baik. Waktu berangkat sekolah suka ada yang kasih uang buat jajan dan makan. Dari situ Adia semangat berjualan,” beber anak kedua dari empat bersaudara itu.

“Adia berangkat sekolah jam 6 pagi. Jualan sayur dulu sampai jam 7.30 kemudian masuk sekolah. Kalau sayuran belum habis, sambil pulang Adia berjualan. Semangatnya mau bantu keluarga, apalagi ada adik yang masih sekolah juga perlu biaya,” terangnya.

Rutinitas itu, diakuinya kerap kesiangan masuk sekolah. Namun Madrasah Aliyah (MA) di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Mukhlisin kerap memberikan toleransi.

“Alhamdulillah guru memberikan toleransi untuk Adia, karena mengerti Adia berjualan demi keluarga. Yang terpenting kata guru, Adia harus bertanggung jawab. Terus berjualan namun pendidikan sekolah harus diutamakan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah Adia juga digratiskan biaya pendidikan sampai lulus. Terima kasih kepada pihak sekolah sudah menggratiskan Adia sekolah di sana,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button