AdvertorialKabupaten SukabumiSeni Dan Budaya

Puncak Hari Syukuran Nelayan di Palabuhanratu, Iyos Somantri Tumpahkan Apresiasi

Sukabuminow.com || Upacara adat Hari Syukuran Nelayan ke-62 tahun 2022 Palabuhanratu digelar di Dermaga 2 Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Sabtu (21/5/22).

Kegiatan tersebut diapresiasi Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, mengingat peringatan tersebut telah vakum dua tahun lamanya akibat Covid-19.

“Even ini telah tercatat dalam kalender provinsi. Kami (Pemkab) Sukabumi mendukung penuh kegiatan ini. Kalau sudah masuk kalender provinsi, maka ke depan harus lebih besar dan meriah,” tutur Iyos dalam sambutannya.

Ia menegaskan, ada tiga instansi pemerintah yang membidik kumpulan para nelayan di Kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, antara lain Dinas Kelautan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Budpora, untuk mendukung terciptanya visi dan misi Kabupaten Sukabumi.

“Kami tugaskan kepada tiga dinas itu untuk lebih memperhatikan hal ini. Kita ingin meningkatkan produktivitas masyarakat melalui agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan,” ujarnya.

Iyos berharap, HNSI Kabupaten Sukabumi meningkatkan peran dan lebih proaktif dalam mengembangkan program. Sebab menurutnya, HNSI memiliki peran penting dalam menjual figur suatu daerah di bidang seni dan budaya.

Di tempat sama, Ketua Umum Hari Syukuran Nelayan ke-62 tahun 2022 Palabuhanratu, Sep Radi Priadika menerangkan, upacara adat HSN merupakan bentuk rasa syukur dari para nelayan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas anugerah hasil laut yang melimpah.

“Rangkaian kegiatan sudah dimulai dari tanggal 14 Mei dan akan berakhir tanggal 31 nanti. Hari ini merupakan acara inti yaitu upacara adat dan larung saji,” jelasnya.

“Kegiatan lainnya yakni pelestarian budaya, religi, bakti sosial, olahraga, pengembangan bakat, expo Wisata dan perikanan, serta lainnya,” tandasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button