AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanReligi

Pjs Bupati Sukabumi Ajak Santri Melawan Covid-19

Reporter : Mulya

Sukabuminow.com || Upacara Hari Santri Nasional tingkat Jawa Barat diperingati secara virtual, Kamis (22/10/20). Pjs Bupati Sukabumi, Gani Muhamad, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), mengikuti upacara virtual itu dari Gedung Negara Pendopo Sukabumi.

Pada hari spesial bagi kalangan pesantren ini, Gani Muhamad, mengajak para santri di Kabupaten Sukabumi untuk dapat berkontribusi melawan Covid-19 bersama dengan masyarakat lain.

“Hari Santri jadi momentum bagi kita untuk melawan penyakit yang menjadi pandemi di dunia yaitu Covid-19. Santri harus berkontribusi minimal dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” bebernya.

Sejauh ini, lanjut Gani, santri di Kabupaten Sukabumi sudah bagus dalam penerapan protokol kesehatan. Hal itu tampak dari beberapa pesantren yang dikunjunginya.

“Hasil kunjungan menunjukkan pesantren punya komitmen tinggi menjalankan pendidikan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sambutannya menjelaskan, betapa pentingnya kalangan santri hingga memiliki hari istimewa tiap tahunnya. Hari itu adalah tanggal 22 Oktober yang ditetapkan sebagai hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

“22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selain hari santri, pesantren juga memiliki undang undang nomor 18 tahun 2019,” ujarnya.

Sesuai tema hari santri tahun ini yaitu ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’, Emil mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren agar bisa melewati pandemi Covid-19. Karena pesantren termasuk entitas yang rentan dengan persebaran Covid-19.

“Akan tetapi tidak dapat dipungkiri pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19. Ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya,” ungkapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button