DesakuKabupaten Sukabumi

Pilkades Serentak Maksimal Diikuti Lima Calon

Sukabuminow.com || Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa : DPMD Kabupaten Sukabumi. Menggelar bimbingan teknis. Terhadap panitia Pemilihan Kepala Desa : Pilkades. Yang akan digelar pada November 2019 mendatang.

Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa. Pada DPMD Kabupaten Sukabumi : Dedi Kusnadi. Menyebut pembentukan panitia sudah dilaksanakan. Pada minggu ketiga di bulan Juni. Selanjutnya dilakukan bimbingan kepada para camat. Sekmat. Dan kasipem.

“Tanggal 1 Juli hingga 16 Agustus. Ada bimtek untuk panitia desa. Satu desa ada 11 panitia di kali 240 desa. Berarti 20.460 orang yang akan mengikuti bimtek. Satu angkatan dua hari,” tuturnya kepada Sukabuminow. Kamis (27/6/19).

Baca Juga :

Dedi terus menekan Badan Permusyawaratan Desa : BPD setiap desa. Agar segera membentuk panitia Pilkades. Sebab yang menunjuk kepanitiaan Pilkades. Dilakukan langsung oleh BPD. Dengan anggaran yang diturunkan  langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah : APBD. Berdasarkan aturan Menteri Dalam Negeri No 65 tahun 2017. Tentang Pembiayaan Pilkades.

“Dari 381 desa di Kabupaten Sukabumi. Hanya 240 desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Sehingga total anggarannya R19,2 Miliar.Setiap desa pembiayaannya variatif. Tergantung jumlah suara. Kalau dirata-ratakan. Biaya Pilkades satu desa itu Rp80 juta. Untuk calon Kades tidak dipungut biaya apapun,” paparnya.

Regulasi Permendagri tersebut. Dinilai akan membuat kandidat Pilkades di Kabupaten Sukabumi. Memiliki euforian yang tinggi. Sebab selain gratis. Gelontoran dana pemerintah pusat yang begitu besar. Juga menjadi salah satu motivasi para calon. Ditambah dana bantuan Provinsi dan Bankeu.

“DPMD mempunyai persyaratan bagi para kandidat. Yang mengacu pada Peraturan Pemerintah No 43 Pasal 41. Mengenai Pencalonan Pilkades. Minimal diikuti dua calon. Dan maksimal lima calon. Jika ada banyak yang mendaftar. Kita akan lakukan kualifikasi. Para panitia yang memilih para kanidat. Kualifikasi dilakukan oleh perguruan tinggi. Minimal kades harus lulus SMP,” tutupnya.

Pilkades serentak tahun ini. Paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2016 silam. Terdapat 70 desa yang menggelar Pilkades. Sementara tahun 2017. Terdapat 71 desa. (Diana NH)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button