Kabupaten SukabumiPertanian

Petani Kopi Dibekali Ilmu Pasca Panen

ads

Sukabuminow.com II Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Sukabumi. Terus menggenjot peningkatan hasil pertanian. Salah satunya. Komoditi kopi. Melalui Dinas Pertanian. Pemkab Sukabumi. Memberikan Bimtek (Bimbingan Teknis). Pasca Panen Kopi. Kepada petani kopi. Di Balai Desa Sukamekar. Kecamatan Sukaraja. Kaupaten Sukabumi.

Sudrajat. Kepala Dinas Pertanian. Kabupaten Sukabumi. Melalui Deden SP. Selaku Kepala Bidang Perkebunan. Kepada Sukabuminow. Jumat (5/4/19) mengatakan. Tujuan Bimtek tersebut. Yakni meningkatkan mutu. Produk perkebunan rakyat. Komoditas kopi yang lebih baik.

“Kami memotivasi. Para petani kopi. Untuk berinovasi. Dan proaktif. Dalam menghadapi perkembangan. Pemasaran global,” tutur Deden. Saat ditemui. Di ruang kerjanya. Jumat (5/4/19).

Baca Juga :

Lebih jauh. Deden menjelaskan. Bimtek tersebut. Akan sangat bermanfaat. Untuk mewujudkan kualitas. Dan kuantitas SDM (Sumber Daya Manusia) perkebunan. Yang memiliki kemampuan tinggi.

Kopi Arabica. Yang tumbuh subur. Di Kabupaten Sukabumi. Foto : Dok. Bidbun

“Mereka (para petani kopi). Harus mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Juga menguasai teknik-teknik baru. Serta mengorganisasikan usahanya. Secara efektif dan efisien,” bebernya.

Diluar dugaan. Bimtek tersebut. Mendapat apresiasi positif. Dari masyarakat. Antusiasme mengikuti kegiatan itu. Tak hanya muncul. Dari kalangan petani kopi. Namun juga masyarakat. Para pelaku usaha perkebunan komoditas kopi. Di Kabupaten Sukabumi. Baik on farm. Maupun off farm.

“Tadinya. Kami hanya mengundang 25 orang Tapi ternyata. Yang hadir. Malah lebih,” ucap Deden

“Kami menggembleng mereka.Untuk meningkatkan pengetahuan. Dan keterampilan. Dalam produksi kopi. Serta pasca panen kopi. Yang berkelanjutan. Dan ramah lingkungan,” sambungnya. (Asdut)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Inline
Inline