AdvertorialKabupaten SukabumiPendidikan

Pentingnya Golden Age Bagi Anak, Ini Kata Kasi PAUD Disdik Kabupaten Sukabumi

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Golden Age adalah masa keemasan anak. Hal itu terjadi pada usia usia 0-6 tahun. Dalam masa itu, proses kematangan anak dalam menerima rangsangan pendidikan terjadi. Sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) PAUD Kabupaten Sukabumi, Elis Sajaah mengatakan, golden age anak jangan sampai terlewatkan.

“Jika masa golden age terlewati, maka tidak akan bisa dinikmati oleh anak. Dan mungkin tidak akan terbentuk karakternya. Itu yang namanya usia emas, tidak akan terulang kembali,” kata Elis melalui WhatsApp, Senin (9/8/21).

Menurut Elis yang juga menjabat sebagai Kasi PAUD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi itu, jika golden age terlewatkan, akan memiliki dampak yang sangat luar biasa terhadap pendidikan anak.

“Masa pandemi seperti ini sangat berdampak. Sedangkan anak butuh berkembang dengan berbagai karakter. Semua yang terjadi saat ini tidak diawali dengan pembelajaran dan pembekalan terlebih dahulu dalam menghadapi situasi ini. Dan itu menjadi pekerjaan yang sangat ekstra luar biasa,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Elis, situasi saat ini berdampak terhadap optimalisasi pembelajaran. Ia berharap, guru terus meningkatkan kapasitas untuk menemukan keberlangsungan proses pembelajaran dengan baik. Meskipun dari jarak jauh melalui sistem online.

“Tetapi ada satu hal lagi yang memang mungkin kita harus berpikir positif, bahwa hari ini pendidikan penguatan karakter dengan keterlibatan orang tua itu sangat di butuhkan,” ujarnya.

Elis menyampaikan, bahwa Dinas Pendidikan bersama Bunda PAUD sudah berupaya meningkatkan pembelajaran anak. Di antaranya pada momen Hari Anak Nasional yang dilaksanakan 30 Juli 2021 lalu.

“Pada peringatan HAN 2021, kita menggelar beberapa rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran anak dan kapasitas guru,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close