AdvertorialKabupaten SukabumiReligi

Pentas PAI Jabar 2023, Kabupaten Sukabumi Tuan Rumah

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi mendapat kehormatan dengan menjadi tuan rumah Pekan Keterampilan Dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi Jawa Barat 2023. Pentas PAI jenjang SD dan SMP itu diikuti oleh 27 kafilah kabupaten dan kota se-Jabar.

“Pentas PAI ini bertujuan untuk melahirkan generasi bangsa yang berkualitas guna memperkuat nilai-nilai akidah di era modernisasi. Dari pentas PAI ini, anak-anak didorong untuk bisa menunjukkan minat bakat yang terarahkan,” tutur Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, usai membuka kegiatan tersebut di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Senin (3/7/23).

Menurut Marwan, Pentas PAI memiliki multiplier effect positif yang bisa mendorong peningkatan syi’ar budaya islam. Serta dapat membentengi generasi muda dan umat Islam dari berbagai pengaruh buruk yang dapat merusak ketahanan mental dan moral.

“Kita tidak bisa mengelakkan hadirnya teknologi dan budaya luar. Saya titip kepada para guru PAI, agar mencermati perkembangan ilmu teknologi informasi kepada anak-anak. Caranya dengan penguatan keyakinan terhadap aqidah. Karena persoalan akses teknologi terhadap hal-hal negatif sangat mudah,” ujarnya.

Di tempat sama Panitia Penyelenggara, Ibad Saepul Ibad menjelaskan, tujuan Pentas PAI untuk mengukur prestasi dan motivasi peserta didik agar lebih mencintai dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam. Ajang tersebut juga dijadikan sebagai sarana untuk menyeleksi peserta didik berdasarkan kriteria penilaian dan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya peserta yang lolos seleksi akan dijadikan kafilah Provinsi Jawa Barat menuju tingkat nasional.

“Pentas PAI se-Provinsi Jawa Barat berlangsung selama satu hari. Temanya ‘Merdeka Prestasi Menjunjung Tinggi Akhlak Islami’,” terangnya.

Beberapa mata lomba dalam Pentas PAI tersebut antara lain, Lomba Cepat Tepat PAI, Pidato PAI, MTQ, MHQ, Lomba Baca Surat-surat Pendek, Kaligrafi, Praktik Salat Berjamaah, Qasidah Rebana, Adzan Berikut Doa Setelahnya, serta Olimpiade PAI. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Berita Terkait

Back to top button