AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Sesuai Data, Distan Gelar Rakor e-Verval

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi memastikan penyaluran pupuk bersubsidi bagi petani sesuai data yang ada. Hal itu dibahas lebih lanjut dalam Rapat Koordinasi elektronik Verifikasi Dan Validasi (e-Verval), Selasa (21/9/21).

Dalam Rakor yang digelar di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tersebut, Kepala Bidang Prsarana Dan Sarana Pertanian (PSP), Gilar Muhammad Akmal mengatakan, pihaknya kerap melakukan evaluasi e-Verval secara periodik.

“Kita harus mengetahui apa yang terjadi di lapangan soal penyaluran pupuk bersubsidi ini. Segala masukan dan aduan dari tim Verval di setiap kecamatan kami tampung untuk menemukan masalah apa yang terjadi di lapangan,” tutur Gilar usai kegiatan.

Rakor tersebut, kata Gilar, menghadirkan narasumber dari Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura (TPH) Provinsi Jawa Barat. Peserta yang hadir merupakan petugas e-Verval, perwakilan distributor, serta kios penyalur pupuk subsidi yang ditunjuk.

“Kita ingin tahu seperti apa penyaluran pupuk di lapangan. Petugas memverifikasi dan memvalidasi untuk memastikan kios pupuk menyalurkan pupuk subsidi sesuai dengan data yang ada,” jelasnya.

“Output-nya dari Rakor ini adalah menemukan permasalahan yang terjadi di lapangan dan memecahkannya bersama-sama. Sehingga penyaluran pupuk bersubsidi sesuai dengan peruntukannya,” tandasnya.

Di tempat sama, Kepala Seksi Pupuk, Pestisida, dan Alsintan, Eris Firmansyah menjelaskan, pupuk bersubsidi yang beredar di Kabupaten Sukabumi meliputi Urea, SP36, NPK, ZA, dan Organik.

“Kesimpulannya dari Rakor e-Verval ini adalah meningkatkan koordinasi antara petugas e-Verval, distributor pupuk bersubsidi, dan kios penyalur pupuk bersubsidi,” jelasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close