AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Panen Bawang Merah di Desa Loji Sukabumi

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus berupaya meningkatkan produksi, produktivitas, dan mutu tanaman hortikultura berkelanjutan tahun 2019. Salah satunya, dengan menggelar Gerakan Panen dan Tanam Bawang Merah di Kelompok Tani Tegallega, Desa Loji, Kecamatan Simpenan. Selasa (12/11/19).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, mengaku bersyukur Poktan Tegallega masih mampu panen dan tanam bawang merah. Kendati musim kemarau sudah berlangsung selama lebih dari 6 bulan. Adapun luas tanam bawang merah Poktan Tegallega mencapai 1.000 meter persegi.

“Tujuan kegiatan ini untuk dapat menghitung jumlah produksi, produktivitas, dan mutu tanaman hortikultura khususnya bawang merah,” tuturnya di lokasi kegiatan.

Baca Juga :

Ajat mengatakan, lahan tanam bawang merah di Kecamatan Simpenan mencapai luas 15 hektare. Digarap oleh 7 Poktan. Dimana 3 Poktan di antaranya, yang menggarap 8 hektare lahan, telah mendapatkan bantuan dari APBN 2019.

“Kondisi pangan masih stabil saat ini kecuali cabai. Harga bawang merah saat ini dipasar sekitar Rp30 ribu hingga Rp34 ribu. Di petani sekitar Rp20 ribu. Biaya pemeliharaannya cukup mahal memang. Salah satunya harus memompa air dari Sungai Cimandiri yang jaraknya lumayan jauh,” paparnya.

Ia menegaskan, masih terus konsisten melakukan pengembangan komoditas strategis. Antara lain cabai, bawang merah, dan bawang putih.

“Target tanam kami tahun ini, cabai besar 980 hektare, cabai rawit 1.800 hektare, bawang merah 150 hektare. Sedangkan rencana penanaman bawang putih tahun depan seluas 250 hektare. Insya Allah bisa tercapai,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close