AdvertorialKabupaten SukabumiParlemenPemerintahan

Pandemi Covid-19, Penyertaan Modal Perumda BPR Sukabumi Tak Maksimal

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || DPRD Kabupaten Sukabumi merestui Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan penyertaan modal kepada Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat (Perumda BPR) Sukabumi.

Restu tersebut diberikan melalui pengambilan keputusan Atas Raperda Tentang Penyertaan Modal Daerah Kepada Perumda BPR Sukabumi dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, Selasa (28/9/21).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, usai rapat mengatakan, pihaknya tidak dapat melakukan penyertaan modal secara penuh kepada Perumda BPR Sukabumi. Kondisi Covid-19 menjadi penyebabnya.

“BPR itu kan syarat dasarnya di 100 Miliar rupiah. Kita belum bisa memenuhi itu akibat Covid-19 yang cukup mengganggu anggaran daerah. Mungkin di angka 30-an (Miliar). Pokoknya sesuai kemampuan kita saja,” terang Marwan.

Penyertaan modal sebesar itu, kata Marwan, merupakan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bukan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemda.

“Kalau tidak terpenuhi, biasanya ada penurunan grade. Tapi semoga tidak terjadi dalam kondisi seperti ini (Covid-19),” bebernya.

Selain Pengambilan Keputusan Atas Raperda Tentang Penyertaan Modal Daerah Kepada Perumda BPR Sukabumi, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi juga membahas agenda lain. Di antaranya Penandatanganan Kesepakatan Antara DPRD dengan Bupati Terhadap Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2021, serta Penyampaian Nota Pengantar Penjelasan Bupati Mengenai Raperda Tentang Perubahan APBD TA 2021 dan Penyampaian Nota Pengantar Propemperda Triwulan III.

KETUA DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. Foto : Sukabuminow

Menurut agenda, DPRD Kabupaten Sukabumi akan melanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Nota Pengantar Penjelasan Bupati Mengenai Raperda Tentang Perubahan APBD TA 2021 dan Penyampaian Nota Pengantar Propemperda Triwulan III pada pukul 2 siang.

“Kita kebut, karena waktunya sudah mepet memang. Tapi kami jamin, seluruh fraksi akan bekerja sebaik mungkin untuk menyampaikan pandangan masing-masing untuk nota pengantar yang disampaikan pak bupati ini,” timpal Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close