AdvertorialEntertainmentKabupaten Sukabumi

Olahan Kepiting Tegalbuleud Jadi Potensi Oleh-oleh Khas Daerah Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Festival Culinary Kepiting Tegalbuleud Tahun 2024 digelar di Halaman Kantor Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (11/7/24). Event tersebut dibuka Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Dalam event yang diawali dengan Tarian Bugeul khas Kecamatan Tegalbuleud itu, ragam olahan kepiting ditemui. Selain itu, aneka olahan ikan segar juga dijumpai.

“Ini sebuah pembuktian, Tegalbuleud punya potensi. Mari kita kenalkan potensi daerah yang diawali dengan festival kuliner ini. Festival kuliner kepiting harus menjadi pengungkit ekonomi di wilayah selatan. Bahkan bisa membantu pemberdayaan masyarakat di wilayah Tegalbuleud,” terangnya.

Marwan meminta masyarakat Tegalbuleud juga memikirkan olahan kepiting untuk oleh-oleh. Sehingga tidak fokus pada olahan yang dimakan di tempat. Dirinya meminta olahan tersebut menjadi oleh-oleh khas daerah Kabupaten Sukabumi.

“Kuliner kepiting ini bisa menjadi pemicu bagi UMKM untuk membuat oleh-oleh. Sehingga masyarakat yang datang ke sini, pulangnya bisa membawa oleh-oleh khas Tegalbuleud,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Tegalbuleud, Encep Iskandar mengatakan, festival tersebut merupakan kolaborasi pemerintah dengan masyarakat. Panitia menyiapkan sekitar 230 kilogram kepiting untuk festival tersebut.

“Selama kurang lebih sebulan, pasokan kepiting ke restoran dan lainnya kita stop dulu. Semua itu demi acara festival kuliner kepiting ini,” terangnya.

Selain kepiting, Tegalbuleud disebutnya memiliki berbagai potensi lainnya. Menurutnya, semua itu akan bernilai besar ketika dikelola dengan baik. “Kita punya pantai dengan air laut yang kadar garamnya sangat tinggi.Selain itu, kita juga ada potensi pepaya California, durian, kelapa, dan lainnya,” jelasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button