AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Menghadap Sekda, Forum Bank Sampah Kabupaten Sukabumi Paparkan Terobosan Kelola Sampah di CPUGG

Sukabuminow.com || Permasalahan sampah di mayoritas daerah di Indonesia masih belum menemui titik temu. Sehingga peningkatan volume sampah baik di tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) hingga tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) kerap menggunung. Masalah sampah jiga kerap terlihat di area wisata yang seharusnya hal itu tidak terjadi.

Menanggapi hal itu, Forum Bank Sampah Kabupaten Sukabumi memiliki terobosan, khususnya untuk penanganan sampah di wilayah Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Itu terekspos saat Forum Bank Sampah Kabupaten Sukabumi beraudiensi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jumat (4/3/22).

“Dalam kesempatan baik tadi, kami memperkenalkan Forum Bank Sampah dengan agenda kegiatannya kepada Pak Sekda,” terang Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Sukabumi, Asep Mahfudin.

Ia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dijelaskan dan diperkenalkan cara pengelolaan sampah di Kabupaten Sukabumi kepada Sekda. Ia menyebut, pengelolaan sampah itu terbukti tidak bisa dikelola hanya satu instansi saja, tetapi harus melibatkan pihak lain.

“Sehingga masalah sampah bisa kita atasi bersama dan menguntungkan bagi masyarakat,” jelasnya.

Asep menyebut, pengelolaan sampah memiliki nilai ekonomi. Sehingga masyarakat bisa merasakan keuntungannya dari pengolahan sampah tersebut.

Menanggapi pemaparan Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Sukabumi, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, mengapresiasi terobosan yang dimiliki oleh Forum Bank Sampah di CPUGG. Dengan begitu, katanya, kawasan wisata akan menjadi bersih, asri, dan nyaman.

“Ke depan kita akan membangun kerja sama dengan desa untuk menerbitkan Peraturan Desa pengelolaan sampah, sekaligus melibatkan RT/RW di desa tersebut dengan pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

“Kita berharap, desa-desa di Kabupaten Sukabumi bisa mengelola sampah dengan baik. Sehingga persoalan sampah bisa diminimalisir,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button