AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahanPertanian

Maraton, Distan Sosialisasikan Perda LP2B

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi memiliki Peraturan Daerah tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Perda tersebut merupakan bukti nyata Pemkab Sukabumi dalam upaya melindungi lahan pertanian produktif dari ancaman alih fungsi menjadi perumahan atau lainnya.

Saat ini, Perda LP2B terus gencar disosialisasikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melalui Bidang Prasarana Pertanian Dan Penanggulangan Bencana Pertanian (PPBP). Para kelompok tani dan petani di setiap kecamatan menjadi sasaran sosialisasi tersebut.

“Perda LP2B ini sangat penting untuk diketahui oleh seluruh petani dan pemerintah desa. Sebab masih ada pemerintah desa yang masih belum punya Peraturan Desa tentang LP2B. Kami dorong agar desa-desa itu segera melakukan pendataan dan membentuk Perdes tersebut,” tutur Kepala Bidang PPBP Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gilar M Akmal melalui Kepala UPTD Pertanian Wilayah IV Palabuhanratu, Ira Nuryanti, Sabtu (6/5/23).

Ira menjelaskan, dirinya bersama Bidang PPBP telah berkeliling ke beberapa desa di wilayah kerjanya untuk menyosialisasikan Perda LP2B tersebut. Terbaru, Poktan dan petani Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Jumat (5/5/23) kemarin.

“Sosialisasi LP2B sekarang dilaksanakan sebagai tindak lanjut LP2B di Kabupaten Sukabumi bagi desa yang belum ada Perdes LP2B-nya. Sehingga di tahun 2023 ini, semua desa sudah memiliki perdes LP2B,” ujarnya.

Selain di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, sosialisasi tersebut telah dilakukan di tempat lain, di antaranya Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan pada 3 Mei, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak pada 4 Mei.

“Selanjutnya nanti hari Senin dan Selasa di Bantargadung dan Warungkiara. Kami lakukan sosialisasi ini secara maraton dari tanggal 3 Mei sampai 12 Mei mendatang. Harapannya semoga target tercapai, tahun 2023 ini seluruh desa memiliki Perdes LP2B,” pungkasnya. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button