AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPeristiwa

Keracunan Massal di Nagrak, Ini Langkah Dinkes Kabupaten Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Puluhan orang warga Kampung Selawi RT 39/08, Desa Pawenang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, mengalami keracunan massal, Minggu (5/7/20).

Kepala Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, mengatakan, penyebab keracunan diduga berasal dari hidangan aqiqah di salah satu rumah warga.

“Mayoritas korban merasakan mual dan pusing diikuti muntah dan diare. Keluhan dirasakan pukul 20.00 Wib. Korban dirawat di Puskesmas Nagrak, kemudian ada juga yang dirujuk ke RSUD Sekarwangi,” tuturnya, Selasa (8/7/20).

Ia menjelaskan, pihaknya telah mengambil sampel makanan yang terdiri dari buncis, nasi, bihun, dan ayam, untuk kepentingan penyelidikan epidemiologi.

“Sampai dengan pukul 01.40 Wib, jumlah korban mencapai 89 orang. 74 orang sudah pulang tapi kondisinya masih dipantau, 6 orang dirawat di Puskesmas Nagrak, dan 9 orang dirujuk ke RSUD Sekarwangi,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Humas RSUD Sekarwangi, Ramdansyah, menegaskan, pengobatan seluruh pasien korban keracunan di Kecamatan Nagrak dibiayai oleh Pemkab Sukabumi.

“9 korban yang saat ini dirawat tidak dikenakan biaya alias gratis. Kondisi kesehatan mereka semua makin membaik. 3 di antaranya anak dibawah umur. Mungkin besok atau lusa bisa dipulangkan kerumahnya masing- masing,” ujar Empang sapaan akrab Ramdansyah saat ditemui di RSUD Sekarwangi, Rabu (8/7/20).

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close