DesakuKabupaten Sukabumi

Jalan Ini Berubah Status, Warga Rindukan Hitamnya Aspal

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Ruas jalan desa di Kampung Ciogong Tengah, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, telah beralih status menjadi jalan milik Kabupaten Sukabumi.

Jalan tersebut telah lama dalam kondisi rusak. Warga desa merindukan perbaikan jalan yang dilalui warga Kampung Ciogong Tengah, Ciogong Girang, Babakan Sirna, Sirnarasa, Cibinong, Babakan Bungur, dan Cikurutug tersebut. Kondisi jalan berbatu dan berlubang. Bahkan dipenuhi lumpur ketika diguyur hujan deras.

“Sudah seperti sungai kering, harus segera diperbaiki,” terang Eka, warga sekitar.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Cibodas, Junajah mengatakan, ruas jalan itu akan diperbaiki tahun 2022 mendatang.

“Status jalan lintas Cisolok – Palabuhanratu jalur utara itu melewati Desa Cibodas hampir 5 kilometer, termasuk di dalamnya ruas jalan itu,” jelasnya.

“Kami sempat ngobrol-ngobrol dengan pak Bupati (Marwan Hamami), beliau menyampaikan bahwa jalan itu akan dibebaskan dulu di 2022. Pelaksanaannya (perbaikan) mungkin di 2022 akhir,” ujar Jajah saat ditemui di ruangannya.

Ia mengatakan, jalan tersebut pernah diperbaiki oleh pemerintah desa dengan menggunakan anggaran dana desa (ADD). Namun, hal itu tidak bisa lagi dilakukan karena ada perubahan status jalan.

“2018-2019 itu ada pengaspalan pakai anggaran dana desa, tapi kami sekarang tidak mau karena tidak mau tumpang tindih anggaran. Mudah-mudahan dengan kebijakan pak Marwan akan segera terealisasi,” tandasnya.

Editor : Mulya H || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close