Kabupaten SukabumiReligiSosial

Ikuti Perkembangan Zaman, Baznas Kabupaten Sukabumi Luncurkan Aplikasi ‘Link Aja’

Reporter : Cepy ST

Sukabuminow.com || Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi melangkah ke arah digitalisasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Buktinya, Baznas Kabupaten Sukabumi meluncurkan aplikasi berbasis android bernama ‘Link Aja’, untuk mempermudah masyarakat membayar zakat, infaq, dan sodaqoh (ZIS).

“Para Muzaki, Muhfid, dan Musodiq, kini bisa mudah menunaikan kewajiban dan sunah Rasul untuk membayar zakat, infaq, dan sodaqoh melalui aplikasi ‘Link Aja’. Aplikasi bisa diaktifkan di ponsel android,” kata Kepala Bidang SDM, ADM, dan Kepegawaian Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaluddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/2/20).

TAMPILAN aplikasi Link Aja Baznas Kabupaten Sukabumi. Foto : Ist

Ia menerangkan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi ‘Link Aja’ di ponsel android melalui Google Store, Play Store, dan Apple Store.

“Setelah baplikasi ‘Link Aja’ sudah didownload, tinggal aktivasi saja. Caranya buka atau klik aplikasi ‘Link Aja’, isi nama, nomer hp, alamat email,” bebernya.

“Langkah kedua kita top up saldo atau isi saldo ke bank yang sudah bekerja sama dengan kita yakni Bank Mandiri atau BRI. Jika saldo sudah terisi, maka aplikasi ‘Link Aja’ sudah bisa kita digunakan,” sambungnya.

Sedangkan cara untuk mentransfer atau membayar ZIS, pengguna tinggal melakukan scan QR code Baznas Kabupaten Sukabumi yang tertera di dalam aplikasi ‘Link Aja’. Setelah itu, akan muncul menu pilihan, di antaranya menu zakat, infaq, dan sodaqoh.

“Kemudian tinggal pilih atau klik menu yang kita inginkan. kalau untuk infaq berapapun nilainya kita terima. Misalnya kita mau infaq Rp10 ribu, maka kita tulis saja angkanya dan klik Ok. Nanti otomatis uang langsung terkirim ke Baznas Kabupaten Sukabumi,” jelas Kamaluddin.

Selain zakat digital, Baznas Kabupaten Sukabumi saat ini juga sedang melakukan digitalisasi dalam pengelolaan berbagai hal di internal Baznas. Seperti digitalisasi managamen kepegawaian, managemen arsip, dan management aset, termasuk program Baznas.

“Kami ingin kedepannya, semua program Baznas Kabupaten Sukabumi berbasis digital,” imbuhnya.

Kamaluddin menegaskan, support Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, sangat luar biasa untuk program Baznas. Masih kata Kamaluddin, bupati menyadari bahwa Baznas Kabupaten Sukabumi dapat menjadi alternatif dalam membangun Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri.

“Terbukti, pak bupati telah mendorong Baznas Kabupaten Sukabumi untuk lebih baik, lebih profesional, dan lebih maksimal dalam mengelola dana umat. Indikatornya, pak bupatipati telah menerima penghargaan dari Baznas pusat dalam Baznas Award tahun 2019 lalu,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close