Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Hukuman Mati Menanti Terdakwa Kasus Bola Sabu di Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || 13 terdakwa kasus kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 359 kilogram yang diungkap Satgas Merah Putih Mabes Polri di wilayah hukum Polres Kota Sukabumi dituntut hukuman mati.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Dista Anggara, mengatakan, para terdakwa diyakini JPU telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana.

“Sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan dintuntut dengan pidana mati,” terang Dista usai sidang secara virtual, Kamis (4/3/21).

Seperti diberitakan sebelumnya, 2 dari 13 terdakwa diketahui merupakan warga negara asing (WNA) asal Iran dan Pakistan. Keduanya juga mendapat tuntutan serupa, yakni tuntutan hukuman mati.

“Tuntutan ini sudah maksimal setelah mempertimbangkan berbagai hal dan undang-undang serta pasal yang dilanggar oleh para terdakwa,” ujarnya.

Sementara itu, satu terdakwa lainnya, RI, terbebas dari tuntutan hukuman mati. Namun, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dan diancam pidana Pasal 5 ayat (1) Jo Pasal 10 UU RI No 08 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

“Untuk RI ini dituntut dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda 1 Miliar subsidair 1 tahun kurungan,” bebernya.

“Sidang berikutnya akan digelar 15 Maret mendatang. Agendanya pembacaan pembelaan atau pledoi dari para terdakwa,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close