AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Hidroponik, Solusi Bertani di Lahan Terbatas

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Bercocok tanam dengan cara hidroponik, dinilai menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan luas namun ingin bertani. Hal itu telah dibuktikan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang telah melakukan panen pertama tanaman hidroponik, Senin (31/8/20) lalu.

Hidroponik sendiri adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

“Tidak perlu lahan yang luas sama sekali. Hidroponik ini bisa dilakukan dimana saja dengan ruang yang sangat terbatas sekalipun,” tutur Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Rabu (2/9/20).

Ia mengatakan, panen tersebut merupakan panen percontohan dari kegiatan Opal yang merupakan bantuan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat. Pihaknya memanfaatkan bantuan tersebut di komunitas pertanian yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Kami menanam aneka sayuran dalam kegiatan opal ini. Hanya butuh waktu 1,5 bulan hingga 2 bulan untuk panen,” jelasnya.

Sudrajat berharap, cara bercocok tanam dalam hidroponik tersebut dapat di contoh oleh masyarakat maupun kantor-kantor pemerintahan. Terlebih, bertani dengan cara hidroponik akan lebih disukai karena sangat higienis dan organik.

“Kami akan menyediakan opal di kantor-kantor UPTD Pertanian dan Balai Penyuluh Pertanian. Semoga langkah ini bisa menjadi awal yang baik dalam membudidayakan tanaman organik,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close